Nendra Dwipa's Blog
Just another WordPress.com weblog

Silabus Kalkulus II 2010/2011

PROGRAM STUDI PENDIDIKAN MATEMATIKA

FKIP UNIVERSITAS PGRI YOGYAKARTA

A. Identitas Mata Kuliah :

Nama Mata Kuliah         : Kalkulus II

Kode                                    : MK 2410804

Semester                           : 3 (tiga)

Bobot                                 : 3 SKS

  1. B. Tujuan Mata Kuliah :

Setelah menyelesaikan mata kuliah ini diharapkan mahasiswa dapat menjelaskan dan mengaplikasikan konsep anti turunan, integral tertentu, aplikasi integral tertentu,fungsi logaritma, fungsi eksponen, dan fungsi hiperbolik serta integral fungsi trigonometri.

C. Materi

Integral tak tentu  sebagai anti derivative, rumus – rumus dasar integral, teknik-teknik pengintegralan , konsep dasar integral tertentu (jumlahan Riemann), teorema fundamental integral, Penerapan integral tertentu diantaranya luas area datar, volume benda putar, panjang busur, usaha dan gaya, tekanan zat cair, pusat massa.

D. Outline  Struktur Aljabar I  (3 Sks)

Pertemuan Topik/subtopik
1 Pendahuluan
2,3 Anti turunan dan integral tak tentu, rumus – rumus dasar integral, teknik-teknik pengintegralan
4,5 Notasi sigma, induksi matematika, dan konsep dasar integral tertentu (jumlah Riemann), teorema dasar Kalkulus 1 dan 2(teorema fundamental integral)
6,7 Teorema  kelinearan, teorema penambahan selang, teorema pembanding, dan teorema keterbatasan. TNR untuk integral, dan pendiferensialan integral tentu terhadap batas atasnya.
8 Ujian Tengah Semester
9,10 Luas daerah bidang datar, dan volume benda padat dengan metode bidang irisan sejajar, Volume benda putar dengan metode cakram,metode cincin, dan metode kulit selinder
11,12 Panjang busur suatu kurva, luas permukaan benda putar, besar usaha dan menentukan pusat massa.
13,14,15 Fungsi logaritma, fungsi eksponen, dan fungsi hiberbolik serta integral fungsi trigonometri.
16 Ujian Akhir Semester

D. Cara Evaluasi :

  1. 1.     Tugas perorangan                        4. Ujian Tengah Semester (UTS)
  2. 2.     Tugas kelompok                          5. Ujian Akhir Semester (UAS)
  3. 3.     Diskusi dan presentasi
  1. E. Referensi (untuk mahasiswa)
    1. Bartle, G. Robert. 1982. Introduction to Real Analysis. New York: John Wiley &

Sons, Inc.

  1. Berkey, D. Dennis. 1988. Calculus. 2nd Edition. New York: Saunders College

Publishing.

  1. Chotim, M. 2005. Kalkulus 2. Semarang: Penerbitan FMIPA UNNES.
  2. Leithold, L. 1981. Calculus with Analytic Geometry. New York: Harper and Row

Publishers.

  1. Purcell, E.J. & Varberg, D. 1987. Kalkulus dan Geometri Analitis. (Diterjemahkan

oleh I Nyoman, Bana Kartasasmita, dan Rawuh). Jilid 1. Jakarta: Penerbit

Erlangga.

  1. Thomas, G.B. 1977. Calculus and Analytic Geometry. California: Addison-Wesley

Publishing Company.

Yogyakarta,

Dosen Pengampu,

Nendra Mursetya S. D, S. Pd

NIS.19831030 201004 1 001

Bagi mahasiswa Prodi Pend Matematika UPY  kelas IIIA.1,A.2,A.3,A.4, harap meninggalkan komentar dengan menuliskan Nama dan NIM!

102 Responses to “Silabus Kalkulus II 2010/2011”

  1. How are you…get a lecture yet, I’m proud it was inappropriate for me, want to meet u, xixixixixi…

  2. febri hartas ( 09144100112 )

    Siap pak. moga berjalan lancar. terus ada modul tidak pak?

  3. duh,,, saya kok udeah pusing pak baca silabusnya….
    tapi saya yakin saya bisa….amien

  4. semoga kalkukus II besok nilainya lebih bgus dari yang kemarin…

  5. meskipun susah saya akan tetap berusaha supaya bisa……….

  6. assalamu’alaikum.,.,
    pak nendra sering2 teriak biar kalo ngajar suaranya lebih keras.,.,
    wa’alaikumsalam..,.,

  7. assalamu’alaikum wr.wb
    sering2 kasih semangat buat semua mahasiswa agar mereka tidak bosan dengan pelajaran pak nendra.,.
    wa’alaikumsalam wr.wb

  8. assalamu’alaikum.,.,
    kalkulus 1 dan 2.,.,ok lah.,.,.,.,semangat.,.,
    wa’alaikumsalam.,.,

  9. assalamu’alaikum

    alhamdulillah pak, baru baca silabusnya ajja udah bingung + pusing. moga mata kuliahnya tidak sebegitu susahnya. Amin.

    wassalamu’alaikum

  10. assalamu’alaikum wr. wb
    pelajarannya cukup menyenangkan, tapi suara bapak tolkong dikerasin sedikit volumenya. ow ya, kalau mengajar jangan terlalu banyak muter-muternya, kalau banyak muter malah jadi bingun, makasih
    wassalamu’alaikum wr.wb

  11. assalamu’alaikum wr. wb

    “kalkulus II” lumayan lah……
    dikit2 bisa mengikuti……
    cara menerangkn juga lumayan mudah di mengerti…….
    Semangat N terus belajar………
    ^_^

    wassalamu’alaikum wr.wb

  12. assalamu’alaikum wr. wb

    Walaupun KALKULUS bagi saya sangat Sulit dan Menakutkan, tapi setelah saya lihat cara bapak mengajar dan selalu coba denger nasehat bapak. yang selalu MENCOBA dan mencoba? akhirnya tanpa ada ragu lagi, lo ada kemauan, niat, usaha serta ada bimbingan dari bapak selaku dosen Kalkulus pembimbing Saya,,,,, Insya ALLah saya akan BISA…… he he he

    wassalamu’alaikum wr.wb

  13. pak….
    tolong dalam menjelaskan pelajaran jangan terlalu cepat…Ntar saya nggak dong pak ….

  14. aduh pak… sillabusnya ajja dah bikin pusing,, apalagi pelajarannya… hehe

    tolong dalam menjelaskan pelan-pelan saja ya pak,,biar gag jauh ketinggalan,,

  15. selamat pagi…..pak nendra yang terhormat…
    duwh pak..referensinya kok kebanyakan pake bhs inggris smw…saya jadi psing…saya lum pnya referensinya,bleh tdk pinjam ma bpk???sbelumnya makash bgt…
    smg mta kuliah kalkulus2 ni saya dpt menerima penjelasan dari bpk dgn baik..amien

    Prita Diah P (09144100111)

  16. siang pak nendra…wah pak,belum2 kok silabusnya dah bikin pusing….pa lg nanti klo udah mulai kuliahnya….pak nendra musti sabar2 tuch jelasin ke mahasiswanya…..

  17. askm..y..mudh2n bsa mendptkan nile yang lebih baik lgi, walaupun ngelihat silabusnya ja sudh pusing….SEMANGAT menghadapi kalkulus II..

  18. siang pak…… wuah pak silabusnya adja udah puyeng gmna kuliahnya???? tapi aku akn te2p brusha unutk bisa.. n aku yakin pasti bisadengan belajar n berdoa tntunya..hahahaha..SEMANGAT!!!!!!

  19. Siang pak nendra….
    waduh pak ko materinya banyak tenan, mudah-mudahan kita semua bisa melewatinya dg lancar juga sukses. juga nilainya baek juga. yang sabar y pak ngajarnya oK
    semua semangat yah

  20. aslmkum….
    silabusnya sudah saya baca pak,,,
    Mohon bimbingannya pak, semoga nilai yang didapat lebih baik dari nilai kalkulus I.
    Buat temen2 A.4 alias kuarto tetep semangat….CAYOOOO!!!!
    wassalam….

  21. Assalamualaikum wr.wb…

    Setelah saya mecermati silabus II Kalkulus ini…
    Semoga tujuan Mata Kuliah ini bisa tercapai… Amin!
    Setelah menyelesaikan mata kuliah ini diharapkan mahasiswa dapat menjelaskan dan mengaplikasikan konsep anti turunan, integral tertentu, aplikasi integral tertentu,fungsi logaritma, fungsi eksponen, dan fungsi hiperbolik serta integral fungsi trigonometri.

  22. Assalamualaikum wr.wb…
    Setelah saya mencermati silabus II Kalkulus ini…
    Semoga tujuan Mata Kuliah ini bisa terlaksana…Amin!
    Setelah menyelesaikan mata kuliah ini diharapkan mahasiswa dapat menjelaskan dan mengaplikasikan konsep anti turunan, integral tertentu, aplikasi integral tertentu,fungsi logaritma, fungsi eksponen, dan fungsi hiperbolik serta integral fungsi trigonometri.

  23. Ass,,,
    duh pak bru liat silabus’y z sUsah bgt pa lgi kul’y,huuufffff,,,,,,,,
    SEMENGAT,,,,,SEMANGAT,,,,,,SEMANGAT……

  24. huagh.. buanyak bgt materi na… hmmm… >.< semoga tdk seperti kLkuLus I .. pahit. hick"… ea pak, mulai skRg Q bkaLan Lbh rajin.. heE..^^ oy, selain bku yg d anjurKan.. da moduL g ea?? hehehe kan meh rajin drQ.. ckckck. @_@

    • nambah .. hihihihi… sem 3 ni da tgS kLompaok ea??? kL tugas na mengenai pembahasan soal gmn ??? trus nti wktu pmbhasan d kLz.. nti da ke_Aktivan individu gt pak..??? heheEE ^^

  25. siang pak nendra….

    walah…wlah sya bru bca silabus dah puyeng gmn ntar kuliahnya yaw….. waduh….bza mkin gak donkz kie hehehehehehe……
    tapi yaw dh mncoba semngat aj jgn pelit2 ya pak nilainya hehehehe

  26. MUMET deh pak,,,,,
    saya jdi pusiiiiiiing,,,,,,,,
    smga sya bisa memahami materi’y nti,,,,

  27. Semoga dengan adanya silabus yang telah terpampang maka pembelajaran yang akan terjadi bisa tersusun dengan rapi seperti silabus yang telah tersedia…..
    goo….goo….. and go……..
    Semakin di depan

  28. pagii pak…..???
    wduuh pak walaupun kaLkuLus 1 nilai nya tidak memuaskan..
    tapi saya akn berusaha untuk tetep semangat menghadapi kalkulus II,,
    klau ngajar jangan terlalu cepet” ya pak,,
    kasiian sma yang gag bisa nerima info terlalu cpat,, termasuk saya pak………
    heheheheh
    cayooooooooo………..!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

  29. pgii,,
    yaa wlpun kalkulus 1 nlaenya blum memuaskn,tapi smangat deh bwt kalkulus 2…..smoga nlae nya lbih baikkk…..amiiiin

  30. 2x ney pak….!!!!
    bru baca siLabusna……….
    hehheheh
    pusiing pak,,
    berharap nilaii yg lebiih bae ajah pak…!!
    tetep semangat…..!!!!

  31. Siang pak,,,materi Kalkulus II lumayan banyak jg,semoga saya bisa mengikuti mata kuliah ini dengan baik dan suksess..Penyampaian materinya jangan terlalu cepat biar mudah dipahami..terima kasih,,

  32. Siang pak,,Penjelasannya materi Kalkulus jangan terlalu cepat dan suaranya agak keras supaya lebih paham..Soalnya kalkulus 1 saja belum terlalu paham,jadi saya masih taraf pembelajaran untuk memahaminya.Lagipula dulu di SMK blum da materi tentang kalkulus…Terima Kasih dan harap maklum….

  33. hem, liat silabusnya aja udah kliyengan pak………ntu smua materi2 maut pas SMA…hem, smoga bisa n mngerti dg materi2 itu….moga2 nilainya jauh lbih bagus,,…amiiin

  34. slow aja ya pak ngajarnya, kotak-kotak gty…
    NurReta
    09144100058

  35. Materi kalkulusnya kayaknya sulit, tp semoga saya bisa mengikuti MK ini dengan lancar.

  36. Assalkm,,5af pak nendra dah ggu…..
    pak materi KALKULUS 2 kyak y kok slit pak????????tapi insya Alloh q bsa.
    oh ya pak lo ngajar suara nya kerasin dkit ya pak???biar yang ngantuk jadi melek,,,,makasih

  37. materi kalkulus II lebih sulit dari pada kalkulus I semoga saya bisa mengikutinya dengan baik
    amin….

  38. ass….
    hmm,, bismillahirrohmanirrohiim….
    semoga aku n tmen2 bisa mengikuti mk kalkulus 2 ini dg penuh pemahaman….
    amiin.
    tapi….???? biar tidak mengantuk benar juga kata temen2,,,, mungkin suaranya agak dikerasin…. kadang yg di depan aja tidak kedengeran paaak….
    hehehehe.
    semangat??!!

  39. kuLiah kaLkuLus II Lmyan rumit juga,, perLu kOnsentrsi Lbih extra kayaknya_
    saran untk bapak, kaLo ngajar tLong voLumenya agak dikerasin Lagi spy kdengeran smpe beLakang.
    terimakasih…

  40. assLmLkm wr.wb
    mohon tulisannya agak diperjelas lagi pak spya bisa klihatn smpe beLakang_
    wassaLmlkum wr,wb

  41. assaLmLkum wr.wb
    buat bpak nendra,,mhon agar cra pnyampaian materinya jangan terLaLu cpat, agar Lbih jLas & tdak keteteran daLam mmhami materi_
    wassaLmLkum wr.wb

  42. OALAH oalah
    kalkulus iji bae ga’ isO,OPO MENEH LORO’;
    NASIIIIBBBBBBBBBBBBBBBB, nasibbbbbbbbbbbbbbbbb

  43. Asqum,
    pak,kalau bisa kalkulus ada bukunya,sbg bahan refrensi,utk mempermuda kami dlm belajar,krn kita ketemu cuman 1x dlm 1 minggu,jd waktunya kurang.
    Makasih……

  44. semoga dgn adanya silabus yg tlah d buwat, kegiatan bembelajaran berjalan lancar..,,,… trimz bwat pak nendra,,, soal2 latihannya d perbanyak y pak!!!!!!!!,,^_^

  45. baca silabusnya aj dah langsung ada tantangannya,,sMoga dalam p’belajaran bisa lebih memahami. . .
    jelasinnya pelan-pelan aj,,pak. . .
    sMoga kaLkulus II nilainya tetep bagus. . .
    makasih. .

    Noviana Sholikhah (09144100141)

  46. terima kasih atas silabinya Pak! semoga kami smua dapat menguasai materi yang bapak ajarkan.

  47. Mudah-mudahan lancar+bisa nyerap ilmu2 yang udah diterangin,
    Amin……

  48. 09144100057

  49. .’._”first of all I say thanks to
    Mr.Nendra about the value that has been given to me ^^…,
    thanks for the information material semester 3 above,
    and I hope for the future of learning activities more smoothly. spirit………!!!!!!! :-))
    _.’.

  50. trimakasih pak nendra atas silabusnyaa…semoga bisa bermanfaat buat kamii semester 3 yang baruu,,,semoga kalkulus 2 bisa berjalan dengan baik dan kami dapat mempelajarinyaa…aminn…

  51. okey pak makasiihhh..setelah saya membaca silabus ini,semoga saya dapat mengikuti pembelajaran bpk tentang kalkulus 2 dengan sebaik – baiknya..

  52. materi kalkulus 2 okkeeyy lah,saya akan berusaha dengan baik di kalkulus 2 ini_trimakasih pak..

  53. Pak Nendra,saya harap kl ngajar penyampainanya yang sejelas-jelasnya ya……makasih

  54. Pak Nendra,, terimakasih silabusnya…. semoga saya dapat mengikuti kalkulus 2 dengan baik dan bisa lebih baik dari kalkulus 1. Terimakasih

  55. Pak Nendra terimakasih untuk silabusnya. Saya harap saya dapat mengikuti kalkulus 2 dan bisa lebih baik dari kalkulus 1 yang mendapat nilai yang kurang baik. Terimakasih pak!!!!!!!!!!!

  56. Terimakasih ya pak silabusnya! Semoga saya dapat mengikuti kalkulus 2, meskipun saya belum lulus pada kalkulus 1

  57. Terimakasih pak untuk silabusnya! semoga saya dapat mengikuti kalkulus 2 dengan baik.

  58. Pak nendra terimakasih buat silabusnya! semoga saya dapat mengikuti kalkulus 2 dengan baik……

  59. bismillah semoga bisa lebih baek dari yang lalu amin…….

  60. Terima kasih pak nendra buat silabusnya. . semoga kalkulus 2 bisa jadi lebih baik. . .

  61. assalmu’alikum
    terima kasih pak nendra buat silabusnya. .
    perlu konsentrasi exstra,, semoga lebih baik dari kalkulus 1
    amin,,,,

    farida nurhidayah(10144100013)

  62. Terima kasih pak nendra buat silabusnya. . semoga kalkulus 2 bisa jadi lebih baik. . .

  63. terimakasih pak atas silabusnya, akan sangat bermanfaat untuk saya,,
    maaf pak saya mau tanya sikabus yang bapak maksud kemarin yang ini kah? saya kira kemarin bapak mau posting yang baru jadi saya tunggu2,, jadi maaf saya agak terlambat. he
    untuk kalkulus II ini mohon bimbinganya ya pak, terimakasih ^_^. Nessawati Miramar ( 10144100001 )

  64. silabusnya membantu sekali
    terimakasih pak

    Teguh Rahmat Susanto
    ( 10144100129 )

  65. selamat sore pak,,
    terimakasih Pak atas silabusnya,,saya akan berusaha semaksimal mungkin untuk bisa mngikuti mata kuliah kalkulus 2 ini dengan baik dan lancar…
    terimakasih……

  66. selamat sore pak,,,
    terimakasih sudah di beri silabus,,semoga saya bisa mngikuti kuliah kalkulus 2 dengan baik,,
    terimakasih

  67. selamat sore pak,,,
    terimakasih pak atas silabusnya,,saya akan berusaha mengikuti dg baik…

  68. selamat soree pak,,,,sewmoga dengan adanya silabus kalkulus 2 saya bisa memehami kalkulus lebih baik lagi.amin……

    Tita Narulita Permatasari (10144100060)

  69. selamat soree pak,,,,semoga dengan adanya silabus kalkulus 2 saya bisa memehami kalkulus lebih baik lagi.amin……

    Tita Narulita Permatasari (10144100060)

  70. Soal-soal untuk latihannya ada tidak pak?

  71. Wah, lumayan ya pak: )
    Semangat kelas A4, kita pasti bisa (y)

  72. pertamax pak (dr angkatan 2012)

  73. Sudah cukup bagus…

  74. nama: rokhimi
    npm: 13144100131
    kelas: 3 A4

    bapak silabus kalkulus 2 nya wow banget😀

  75. Uda aku komen ya pak semoga bertambah visitornya hehe
    Buat silabusnya wow bgd
    Irmi / 13144100126 / a4

  76. Sudah saya komment pak :v

  77. Lupa npm nya pak
    13144100165
    bias kusuma
    IIIA4

  78. nama : ismi ratri prihatiningsih
    npm : 13144100129
    kels : 3 A4
    materinyaa sesuatu pak (y) hehe

  79. nama: suprih lestari
    npm: 13144100134
    kelas: 3A4
    hahahahahaha🙂

  80. nama : Nikma Syuh Baranti
    npm : 13144100153
    kelas : 3 A4

    trimakasih pak silabusnya,… walaupun sesuatu banget semoga bisa mengikuti dengan baik🙂

  81. sya ok ok aja pak. hehe

    uhtina zuhriyatul faizah
    NPM : 13144100164

  82. semoga mata kuliah ini sangat menyenangkan🙂

  83. Semoga mata kuliah ini tidak menegangkan😀

    Nama: Fiona Puspitasari
    NPM : 13144100133

  84. nama : sarjiyanto
    npm : 13144100132
    kelas : III A4

    Terima kasih pak..!!! Silabusnya sangat membantu….

  85. semoga mata kuliah ini mudah dipelajari dan nilainya bagus , blognya awesome pak
    RITA RAHAYU (13144100121)

  86. nama : nur annisa istiani fauziah
    npm : 13144100166
    kelas: III A4
    kalkulus II sesuatu sekali ,, smoga dimatakuliah ini ank A4 nilainya bagus ,,blognya kece pak🙂

  87. Terima kasih atas silabusnya pak, semoga berjalan dgn lancar
    amin

  88. terima kasih pak atas silabusnya. semoga menjadi awal yang baik untuk kalkulus 2

  89. Nama : Asep Gunawan
    NPM : 13144100142
    Kelas : III A4

    SUPER SEKALI Pak..

  90. Nama : dwikuswanto
    Npm. : 13144100143
    Kelas : III A4
    terima kasih lagi, atas silabusnya bapak.

  91. semoga nilai kalkulus2 3A4 memuaskan🙂

  92. Semoga kuliah ini menyenangkan,tdk menegangkan dan nilainya memuaskan..

  93. Selalu murah senyum kalau dikelas yaa pak , jangan pernah bosan menghadapi kami , bimbing kami sampai lulus dimata kuliah bapak🙂 terima kasih pak🙂

  94. nama : wisnu nugroho
    npm : 13144100144
    kelas : III A4

    Terimakasih pak.. silabusnya membantu..

  95. terima kasih atas silabus pak😉
    materinya wow ya pak😀
    semoga di beri kemudahan . Aminn

  96. wah pak silabus nya wow bangkit…

  97. makasi pak silabusnya, semoga dengan dosennya pak nendra saya jadi tambah semangat belajar kalkulus 2, aminn
    Ika rima yulita, 13144100119/ 3A4

  98. saya sudah komen beberapa hari yg lalu, tp ternyata enggak muncul pak…
    buat silabusnya, cuma saya liat aja pak, ndak saya baca, hehe…tp saya selalu menantikan kuliah pak nendra, hehe

    nama : Desiana Ambarwati
    npm : 13144100157
    kelas : III/A4


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: